Jawaban UTS Desain Web - Genap

Author: Franky Hutapea // Category:
1. Sebutkan beberapa fungsi website!
    Beberapa fungsi website adalah :
  • Fungsi komunikasi
  • Fungsi informasi
  • Fungsi entertainment
  • Fungsi transaksi
2. Jelaskan prinsip-prinsip utama dalam desain web!
    Prinsip-prinsip utama dalam desain web :
  • Kesetimbangan
    Kesetimbangan adalah hasil susunan satu atau lebih elemen dari desain yang sama antara yang satu dengan lainnya. Ada tiga jenis kesetimbangan, yaitu :
    a. Kesetimbangan Simetris (Formal)
    Keseimbangan simetris mempunyai elemen yang sama bobotnya pada dua sisi dari garis vertikal imajiner pada halaman web. Tata letak simetris ini menghasilkan desain yang statis dan berkesan
    formal, sederhana dan mudah dalam pembuatanya, tapi membosankan dan kurang menarik.
    b. Kesetimbangan Asimetris (Informal)
    Keseimbangan simetris mempunyai elemen yang tidak sama bobotnya pada dua sisi dari garis vertikal imajiner pada halaman web. Tata letak desainya menjadi lebih dinamis untuk memakai ruang yang masih kosong
    c. Kesetimbangan Radial                                                                                                      Keseimbangan radial lebih mudah untuk diimplementasikan, dikarenakan objek akan seimbang bila objek berada di tengah. untuk itu, dengan menempatkan objek pada posisi tengah, desain akan nampak seimbang. 
  • Kontras. Kontras yaitu dengan melihat dua objek yang berlainan sehingga tampilan desain berkesan menonjol dan menarik perhatian, beberapa contoh kontras di antaranya : 1.Kontras pada bentuk. 2.Kontras pada huruf. 3.Kontras pada ukuran. 4.Kontras pada warna
    • Konsistensi. 1. Konsistensi membuat pengunjung lebih nyaman karena dapat menjelajah situs web dengan mudah. 2. Suatu halaman situs yang konsisten membuat pengunjung mengetahui sedang berada dimana dan kemana harus pergi. 3. Penerapan konsistensi yang utama adalah pada navigasi, selain pada margin, layout, huruf, warna, dan tipografi.
    • Whitespace/Ruang kosong. Ruang kosong pada suatu halaman website yang banyak kegunaannya untuk viewer



    3. Apa itu whitespace dan apa kegunaannya dalam suatu halaman website?
    Whitespace adalah ruangan kosong dalam suatu halaman website di mana berguna memisahkan dan atau menyatukan elemen-elemen pada layout. Ketika situs tampil di halaman web, mata viewer akan tertuju pada bagian yang whitespacenya lebih banyak.
    Kegunaan whitespace : 
    1. Mempermudah pembacaan teks
    2. Membuat halaman tampak dinamis          
    3. Mempertegas sebuah elemen, layout, gambar, dan efek-efek lainnya
    4. Tempat istirahat mata bagi viewer

    4. Apa itu color wheel dan apa hubungannya dengan model RGB dan CMYK?
    Color wheel adalah roda warna di mana terdiri di dalam roda tersebut warna-warna polikromatis dan apabila roda itu diputar maka akan menghasilkan satu warna monokromatis yaitu putih. Hubungannya color wheel digunakan untuk meramal perubahan komponen warna yang mempengaruhi warna yang lain, dan menterjemahkannya pada model RGB dan CMYK.